You are currently viewing <strong>Catat! Ini Biaya Pembuatan Wasiat di Notaris Beserta Aturan dan Cara Membuatnya!</strong>

Catat! Ini Biaya Pembuatan Wasiat di Notaris Beserta Aturan dan Cara Membuatnya!

Biaya pembuatan wasiat di notaris memang sangat beragam, tergantung masing-masing notaris itu sendiri. Yuk, cek biayanya serta cara membuatnya!

Tidak sedikit orang yang membuat surat wasiat ketika mereka merasa memiliki harta benda yang bisa diwariskan kepada keturunannya.

Surat wasiat merupakan salah satu peninggalan atau surat yang berisikan keinginan dari seorang almarhum atau almarhumah.

Banyak orang yang membuat surat wasiat untuk menghindari adanya pertikaian atau perselisihan karena masalah harta.

Akan tetapi, banyak orang yang belum mengerti atau tidak tahu bagaimana membuat surat wasiat. oleh karena itulah, berikut ulasan tentang biaya hinga cara membuatnya.

Syarat Pembuatan Surat Wasiat

Sebelum mengetahui biaya pembuatan wasiat di notaris, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja persyaratan dalam membuat surat wasiat.

1. Usia

Syarat pertama yang harus kamu penuhi dalam membuat surat wasiat adalah telah berusia dewasa. Ini merupakan syarat utama untuk menulis surat wasiat.

Adapun usia minimal untuk membuat surat wasiat adalah 21 tahun atau di bawah itu, namun sudah pernah menikah.

2. Berakal sehat

Setelah cukup usia, syarat lain untuk membuat surat wasiat adalah berakal sehat. Maksudnya, memiliki kemampuan secara akal dan pemikiran yang sehat.

Dengan kata lain, penulis surat wasiat bukanlah orang yang dalam keadaan gangguan jiwa, keterbelakangan mental, maupun penyakit lainnya.

3.  Objek wasiat dinyatakan dengan tegas

Sebelum membuat wasiat, pembuat wasiat bersama dengan notaris harus menetapkan dengan jelas objek dari wasiat tersebut.

Pewasiat bisa menuangkan beberapa objek dalam surat wasiat antara lain uang tunai, properti, kendaraan hingga barang berharga lainnya.

4. Pembuat wasiat dan pihak yang terlibat

Dalam membuat surat wasiat, penulis harus memperkuat legalitas dari wasiat tersebut dengan cara membuatnya di notaris dengan saksi-saksi.

Tidak hanya itu, penulis wasiat pun harus tahu dan mengenal dengan baik nama-nama dalam surat wasiat tersebut, atau dengan kata lain bukan orang asing.

5. Disusun berdasarkan hukum

Syarat selanjutnya adalah berbadan hukum, baik hukum perdata negara atau hukum agama. Jadi, ada baiknya jika wasiat tersebut bisa memenuhi syarat.

6. Sertakan pesan untuk pelaksanaan wasiat

Selanjutnya, pembuat wasiat perlu menuliskan pesan-pesan dengan jelas pada pelaksana wasiat agar kalimat dalam surat perlu ditulis sejelas-jelasnya.

Hal tersebut untuk menghindari salah paham atau penafsiran yang salah/ambigu bagi para pewarisnya.

BACA JUGA: Bank Digital Vs Bank Konvensional, Apa Saja Bedanya? Yuk, Simak Penjelasannya!

Biaya Pembuatan Wasiat di Notaris

Setelah mengetahui syarat-syarat apa saja dalam pembuatan wasiat, kini kamu perlu menyiapkan biaya untuk pembuatannya di notaris.

Umumnya, biaya pembuatan surat waris di notaris sekitar 1% hingga 2,5% dari nilai atau total kekayaan yang akan diwasiatkan.

Akan tetapi, angka tersebut bisa jadi lebih kecil atau malah lebih besar, tergantung pada harga dari pihak notaris yang kamu pilih serta jenis akta warisnya.

Kamu dapat memilih notaris yang terpercaya. Jika tidak punya kenalan notaris, kamu bisa memilih berdasarkan referensi dari teman atau kerabat yang pernah menggunakan jasa mereka.

Cara Membuat Surat Wasiat

Berikut beberapa cara membuat surat wasiat yang sah dimata hukum yang dilakukan dengan notaris dan para saksi.

  • Memilih notaris dan saksi. Pastikan kamu telah memilih notaris serta saksi yang benar-benar kamu percaya.
  • Pesan yang detail. Kamu harus menyampaikan pesan (apa saja terkait wasiat) secara terinci.
  • Berikan pesan pada notaris. Setelah membuat pesan sejelas-jelasnya, kamu bisa langsung menyerahkannya kepada notaris. Pun, jika kamu ingin berkonsultasi tentang pesan tersebut pada notaris. 

Setelah semua persyaratan selesai, serta langkah-langkah untuk membuat surat wasiat pun telah kamu lakukan, maka hal terakhir yang perlu kamu lakukan adalah melakukan pembayaran notaris sesuai dengan biaya pembuatan wasiat di notaris yang telah kalian sepakati.

Pembagian harta waris bisa menjadi masalah besar dikemudian hari, alangkah baiknya kamu menggunakan jasa notaris agar apa yang tertuang dalam wasiat kelak memiliki kekuatan hukum.

Memberikan harta waris dapat membantu urusan keluarga yang masih hidup, untuk itu kamu bisa menyiapkan harta waris untuk keturunan kamu kelak dengan produk dari Koperasi Hartanah.

Produk Koperasi Hartanah memberikan kamu kelaluasaan untuk menurunkan aset kepada ahli waris yang kamu kehendaki. Dapatkan produk keuangan yang menguntungkan dari Koperasi Hartanah sekarang juga.

Kamu bisa menemukan Simpanan Pasti, Simpanan Berjangka dan juga Cicilan Emas yang cocok dengan tipe investasimu. Yuk, langsung kunjungi website  www.koperasi.hartanahgroup.com atau melalui WhatsApp Hana.

Leave a Reply