You are currently viewing <strong>Pengertian Serta Cara Mengatasi Pengangguran Musiman!</strong>

Pengertian Serta Cara Mengatasi Pengangguran Musiman!

Cara mengatasi pengangguran musiman memang bisa dengan berbagai cara. Mau tahu? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Pada dasarnya, pemerintah dan beberapa Lembaga terkait seringkali melakukan berbagai cara untuk mengatasi pengangguran musiman.

Tujuan dari hal tersebut adalah tidak lain untuk mengurangi angka pengangguran, khususnya pengangguran yang tipe musiman macam ini.

Lalu apa pengertian dari pengangguran itu sendiri? Mengapa ada yang namanya pengangguran musiman. Berikut ulasannya untuk Sahabat Hana.

Apa Itu Pengangguran?

Pengangguran adalah salah satu masalah yang sering sekali dan hampir setiap negara mengalaminya, salah satunya jenis pengangguran musiman.

Terlepas dari apapun alasannya, ini merupakan masalah yang serius dan akan terus-menerus ada pada hampir semua negara, khususnya negara berkembang, termasuk Indonesia.

Jadi, pengangguran secara umum merupakan kelompok angkatan kerja yang ingin bekerja, tetapi belum beruntung mendapatkan kesempatan untuk bekerja.

Sedangkan, pengangguran musiman merupakan salah satu dari jenis-jenis orang yang tidak bekerja dan berikut beberapa pengertian menurut beberapa ahli:

Menurut Fatoni (2016) pengangguran musiman adalah sebuah kondisi non-produktif akibat terjadinya fluktuasi kegiatan ekonomi dalam jangka pendek sebagai faktor seseorang menganggur.

Sedangkan jika menurut Hong (2011), adalah orang-orang yang tidak bekerja saat musim-musim tertentu.

Dari beberapa pengertian tersebut, bisa disimpulkan bahwa pengangguran musiman adalah perseorangan, individu, atau sekelompok orang yang tidak bekerja karena adanya peristiwa ataupun kondisi khusus dalam waktu tertentu.

Contoh Pengangguran Musiman

Perlu kamu ketahui, ternyata ada beberapa contoh pengangguran, loh! Berikut contoh-contohnya:

1. Pedagang bazar

Mungkin kamu belum tahu, jika tidak semua pedagang bisa berjualan setiap hari. Salah satu contohnya adalah pedagang bazar ini.

Mereka umumnya berjalan hanya pada acara-acara tertentu saja, seperti ketika ada konser musik, bazar ramadan ataupun ada event lainnya. Mereka merupakan salah satu contoh pengangguran musiman.

2. Kuli proyek

Pekerjaan ini menjadi salah satu contoh pengguran musiman karena mereka hanya menunggu panggilan atau ketika ada rencana pembangunan saja.

3. Petani

Petani merupakan pekerjaan yang masih tergantung alam. Ketika sedang musim tanam maka mereka akan sibuk ke lading, membersihkan hingga menanam bibit.

Namun, ketika telah selesai mereka akan menunggu dan mengendalikan padi atau tanaman mereka untuk menunggu waktu panen.

Saat waktu tunggu tersebutlah yang membuat petai masuk dalam kategori pengangguran musiman.

BACA JUGA: Apa Saja Sih Dampak Resesi Amerika ke Indonesia?

4. Nelayan

Contoh lainnya adalah nelayan. Pada dasarnya banyak faktor yang membuat nelayan menjadi salah satu contoh pengangguran musiman. Misalnya saja ketika laut sedang mengalami gelombang tinggi.

Kondisi tersebut tentu dapat membahayakan para nelayan, alhasil mereka dilarang untuk melaut. Pun sama ketika musim paceklik ikan, yang membuat pasokan ikan akan berkurang.

Cara Mengatasi Pengangguran Musiman

Nah, untuk mengatasi pengangguran musiman berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan, misalnya:

1. Mencari usaha sampingan

Mencari usaha sampingan bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi pengangguran musiman. Kamu bisa mulai dengan membuka warung di rumah mau[un berjualan online.

2. Investasi

Jika kamu sebelumnya telah memiliki usaha, ada baiknya untuk berinvestasi. Karena dengan berinvestasi, dapat memutar dana yang kamu miliki.

Beberapa investasi yang bisa kamu coba seperti emas atau reksadana. Kalaupun kamu belum memiliki dana yang cukup untuk berinvestasi emas, bisa mencoba untuk cicil emas di Koperasi Hartanah.

Dengan hanya 10 ribu rupiah per hari, kamu sudah bisa memiliki emas Antam Bersertifikat. Tertarik? Yuk, langsung cek di website cicil emas di Koperasi Hartanah.

3. Ikuti pelatihan

Dengan mengikuti berbagai pelatihan keterampilan, kamu menambah skill yang bisa digunakan untuk mendapatkan pekerjaan.

Misalnya saja menjahit, mengelas, membordir, memasak, ataupun keterampilan lainnya untuk memanfaatkan waktu luang sambil menunggu mendapatkan pekerjaan.

Itulah beberapa cara mengatasi pengangguran musiman yang perlu kamu ketahui. Tapi buat kamu yang tertarik untuk menjadi anggota koperasi, bisa langsung cek informasi lengkapnya melalui Koperasi Hartanah atau WhatsApp Hana.      

Tinggalkan Balasan