You are currently viewing Mempersiapkan Masa Pensiun Bagi Wanita Single, Ini yang Perlu Diperhatikan!

Mempersiapkan Masa Pensiun Bagi Wanita Single, Ini yang Perlu Diperhatikan!

Mempersiapkan masa pensiun bagi wanita single apakah sama dengan pensiun yang lainnya? Yuk, simak ulasannya berikut ini. 

Mempersiapkan masa pensiun yang menyenangkan tentu impian semua orang, tak terkecuali bagi wanita single

Masa pensiun yang sejahtera dan menyenangkan tentu harus dipersiapkan sejak dini. Pasalnya, tidak ada sesuai hal yang instan, semua perlu persiapan matang untuk mencapai kehidupan yang kamu impikan. 

Wanita lajang bukan berarti bebas tanggungan dan bisa hidup seenaknya. Selain harus menyediakan dana cadangan, wanita single pun perlu mempersiapkan pensiun mereka. 

Kini tidak sedikit wanita mandiri yang menjalani masa pensiun mereka dengan kesendirian atau single. Secara financial, wanita single dapat lebih fokus dalam mempersiapkan masa pensiun mereka. 

Cara Mempersiapkan Masa Pensiun Bagi Wanita Single

Berikut ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan masa pensiun, diantaranya:

1. Buat Tabungan Darurat

Memiliki tabungan atau dana darurat adalah hal penting yang harus kamu miliki. Dana tersebut bisa dianggap sebagai rencana cadangan jika kamu dalam keadaan tak terduga. 

2. Buat Tujuan Pensiun Impian 

Sebelum mulai merencanakan masa pensiun untuk wanita lajang, bayangkan dahulu, kamu ingin masa pensiun yang seperti apa. 

Dengan begitu, kamu bisa menentukan berapa banyak kamu perlu menghemat untuk dapat pensiun impian mu. 

Beberapa hal yang perlu kamu pertanyakan adalah, apa yang akan kamu lakukan saat masa pensiun nanti, kamu akan tinggal dimana dan bagaimana dengan kesehatan. Jawaban dari beberapa pertanyaan tersebut akan menjadi realisasi dari pensiun kamu. 

3. Buat Tujuan Keuangan

Setelah menentukan pensiun impianmu, lalu saatnya untuk membuat perencanaan keuangan yang lebih spesifik. Misalnya saja seperti:

  • Berapa banyak biaya yang kamu butuhkan untuk memenuhi kebutuhan di masa pensiun
  • Berapa banyak biaya yang kamu perlukan untuk menabung setiap tahunnya
  • Hitung utang yang kamu miliki saat ini

Jika kamu memiliki utang saat ini, kamu perlu untuk melunasinya terlebih dahulu jika tidak ingin kesulitan di masa pensiun kamu. 

4. Buat lingkungan yang Menyenangkan

Seperti yang kita ketahui bersama, lingkungan bisa menjadi hal yang sangat penting dalam mendukung kesejahteraan sosial serta kebahagiaan secara keseluruhan. 

Pasalnya, jika lingkungan kamu tidak menyenangkan, maka masa pensiun kamu pun akan sangat tidak menyenangkan, dan hal ini bisa berakibat negatif pada kesehatan. 

BACA JUGA: Butuh Pinjaman Karyawan Tanpa Jaminan? Cek Daftarnya Berikut Ini!

5. Buat Asuransi Jangka Panjang

Di masa pensiun kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi. Jadi, akan sangat aman jika kamu telah menyiapkan asuransi, baik kesehatan maupun asuransi lainnya. 

Dengan begitu, kamu bisa mengurus diri sendiri tanpa pasangan sekalipun. Asuransi kesehatan tentu sangat membantu di hari pensiun. 

6. Tentukan Kegiatan

Masa pensiun tentu bukan saatnya kamu bekerja lagi. Akan tetapi, kamu juga harus memiliki kegiatan yang tidak terlalu berat. 

Misalnya saja berkebun, bercocok tanam di kebun milikmu, atau bahkan mendapatkan pekerjaan paruh waktu yang sesuai dengan keinginan kamu. 

7. Investasi 

Memiliki investasi bukan hanya terkait untuk pensiun saja, akan tetapi kamu bisa menikmati hasil dari investasi di masa pensiun. 

Dengan investasi yang telah kamu lakukan sejak masih muda, masa pensiun kamu tentu tidak perlu mengkhawatirkan finansial lagi. 

Itulah beberapa cara untuk mempersiapkan masa pensiun bagi wanita single. Akan tetapi, buat kamu yang ingin merencanakan finansial untuk masa pensiun, bisa menggunakan Simpanan Pasti dari Koperasi Hartanah. 

Simpanan Pasti merupakan sebuah fasilitas yang memungkinkan kamu untuk membuat perencanaan dana pensiun dengan simpanan mulai dari Rp500 ribu saja. 

Simpanan Pasti memberikan bunga tetap 6% per tahun nett dengan konsep compound interest yang akan memudahkan kamu untuk mencapai masa pensiun sesuai impianmu. 

Buat kamu yang tertarik, bisa langsung mengunjungi website Koperasi Hartanah atau Whatsapp Hana untuk mendapatkan informasi tentang Simpanan Pasti Lebih lanjut, ya!

Tinggalkan Balasan